Bulan Juli identik dengan tahun ajaran baru. Hamper seluruh lapisan Masyarakat turut andil dalam hiruk pikuk anak-anak naik ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. Hal ini juga terasa di UPTD SMPN 2 Wates. Sekolah yang terletak di pusat Kecamatan Wates Kabupaten Kediri ini, sudah mulai sibuk sejak awal Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tanggal 26 Juni 2023-8 Juli 2023.
Kegiatan terus tampak dilaksanakan oleh UPTD SMPN 2 Wates. Pada 15 Juli 2023 telah dimulai PraMPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah). Dilanjutkan MPLS pada 17-20 Juli 2023.
Di masa MPLS, peserta didik baru dikenalkan dengan lingkungan dan warga sekolah. Kegiatan MPLS dilaksanakan secara indoor dan outdoor. Kegiatan indoor atau di dalam kelas meliputi wawasan wiyata mandala, budaya 5S, nasionalisme, tata tertib sekolah, program belajar efektif, tata krama, dan pendidikan karakter. Seluruh materi disampaikan dengan teknik problem solving yang menyenangkan sehingga peserta didik baru terlatih bernalar kritis.
Kegiatan outdoor meliputi Latihan baris berbaris, apel pagi, pentas seni, dan pengenalan ekstrakurikuler. Di akhir kegiatan MPLS setiap harinya ditutup dengan kegiatan keagamaan sholat dhuhur untuk yang beragama Islam dan doa Bersama untuk yang beragama Kristen. Kegiatan ini sebagai wujud manusia yang bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa dan berkebhinnekaan global yang senantiasa bertoleransi dan saling menghargai.
Setelah penutupan MPLS pada 20 Juli 2023, kegiatan dilanjutkan dengan Perkemahan Jumat Sabtu (Perjusa) di UPTD SMPN 2 Wates. Perjusa diikuti oleh seluruh peserta didik kelas VII dengan didampingi oleh Pembina ekstrakurikuler Pramuka. Selama kegiatan Perjusa, siswa diajarkan dinamika kelompok, gotong royong, kekompakan, dan kemandirian. Hal ini sangat penting agar peserta didik dapat beradaptasi dengan lingkungan baru.
UPTD SMPN 2 Wates gudangnya prestasi. Semoga peserta didik baru dapat mengukir prestasi yang harum di tiga tahun ke depan Bersama UPTD SMPN 2 Wates.