Buletin Agustus

Aspero terus bergerak

            Bulan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia kali ini sangat meriah dan berbeda. Setelah beberapa tahun perayaan kemerdekaan Republik Indonesia dirayakan secara terbatas, tahun ini sangat berbeda. Tidak hanya hiruk pikuk perayaan kemerdekaan, UPTD SMPN 2 Wates sudah sibuk sejak awal bulan.

Tanggal 1 Agustus 2023 terjadi perubahan kepemimpinan di UPTD SMPN 2 Wates. Bapak Bagus Dwidjajanto, S.Pd., M.Si. sudah memasuki masa purna. Setelah tiga tahun menjadi pimpinan yang dekat dengan seluruh warga sekolah, Pak Bagus harus menyerahkan tongkat estafet kepala sekolah kepada Bapak Samsul Huda, S.Pd. sebagai plt. Kepala UPTD SMPN 2 Wates. Terima kasih Pak Bagus. Selamat datang Pak Samsul.

Tanggal 4 Agustus 2023 dilaksanakan pembagian ijazah untuk kelas IX lulusan 2022/ 2023. Pembagian ijazah sengaja dilaksanakan hari Sabtu sepulang sekolah agar tidak mengganggu kegiatan belajar mengajar di UPTD SMPN 2 Wates serta memudahkan alumni dalam mengambil ijazah tanpa harus izin dari pihak SMA.

Tanggal 7 Agustus 2023 tim baris berbaris UPTD SMPN 2 Wates mengikuti Lomba Baris Berbaris Kecamatan Wates. UPTD SMPN 2 Wates mengirim lima peleton terdiri dari 1 peleton OSIS putra, 1 peleton OSIS putri, 1 peleton Pramuka putra, 1 peleton Pramuka putri, dan dan 1 peleton PMR putri. Rute LBB start di Lapangan Wates dan finish di Kantor Kecamatan Wates. Dalam gelaran ini, UPTD SMPN 2 Wates meraih prestasi juara 3 untuk peleton OSIS putra dan juara 3 untuk peleton OSIS putri.

Selanjutnya pada tanggal 10 Agustus 2023, peleton OSIS putri dan peleton OSIS putra juga mengikuti Lomba baris berbaris tingkat Kabupaten. Namun, tahun ini belum mendapatkan prestasi yang diharapkan. Semoga tahun depan dapat meraih prestasi yang lebih baik lagi.

Tanggal 14 Agustus 2023, UPTD SMPN 2 Wates melaksanakan upacara memperingati Hari Pramuka 2023 sekaligus perkenalan Bapak Samsul Huda, S.Pd. selaku plt. UPTD SMPN 2 Wates. Dalam upacara selaku Pembina, Bapak Samsul menyampaikan pentingnya dasa darma pramuka dalam kehidupan sehari-hari.

Tanggal 17 Agustus 2023, UPTD SMPN 2 Wates melaksanakan upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. UPTD SMPN 2 Wates mengikuti secara aktif upacara yang dilaksanakan di Kecamatan Wates. Siswa kelas VII melaksanakan upacara pagi hari di lapangan sekolah. Siswa kelas VIII mengikuti upacara pengibaran bendera merah putih di Lapangan Wates. Siswa kelas IX mengikuti upacara penurunan bendera merah putih di Lapangan Wates.

Prestasi terus mengalir di UPTD SMPN 2 Wates. Pada tanggal 23 Agustus 2023, siswa kelas IX-C atas nama Yulia Ayu mengikuti Lomba Lukis di Media Kaos Jenjang SMP yang diadakan oleh Dinas Pendidikan Kabupaten Kediri. Lukisan dengan tema jaranan dengan hiasan mega mendung karya tangan Yulia mampu mengukir nama UPTD SMPN 2 Wates masuk di 10 besar karya terbaik. Semoga prestasi ini membuka prestasi-prestasi yang lain di masa datang.

Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia masih terasa hingar bingar kemeriahannya. Puncak Perayaan Hari Kemerdekaan di Desa Tawang dilaksanakan pada tanggal 26 Agustus 2023. UPTD SMPN 2 Wates yang lokasinya berada di wilayah Desa Tawang ikut memeriahkan Karnaval Tawang Berbudaya. Seluruh warga UPTD SMPN 2 Wates tumpah ruah memeriahkan dan menampilkan kreativitas terbaik di karnaval terbaik.

Tanggal 28 Agustus 2023, UPTD SMPN 2 Wates mengundang jajaran KPU yaitu Panitia Pemilihan Kecamatan Wates sebagai narasumber pada apel pagi. Hal ini dilaksanakan dalam rangka Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Selain pada apel pagi hari Senin, PPK kembali diundang pada Kamis, 31 Agustus 2023 sebagai pengajar di kelas VII materi P5. Siswa sangat antusias melaksanakan tanya jawab tentang pemilu.